Dasar-dasar Parenting





Parenting merupakan panduan bagi orangtua dalam membimbing tumbuh kembang anak secara sehat hingga mencapai tahap kedewasaan dalam pengembangan sikap positif dan negatif.
Berdasarkan penelitian tumbuh kembang anak akan menjadi lebih positif jika orangtua melakukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Berkomunikasi secara jujur mengenai segala hal dan membimbing anak-anaknya tentang pemecahan masalah jika tejebak dalam situasi tertentu.
  2. Konsistensi dalam menerapkan pola hidup
  3. Memanfaatkan fasilitas secara maksimum yang berada di lingkungan tumbuh kembang anak
  4. Memperhatikan bakat dan minat anak dalam bidang pendidikan.
  5. Bersikap komunikatif dan terbuka terhadap anak seraya tetap membimbing dan mendidik anak secara positif.
Pada awalnya kemampuan Parenting dianggap merupakan kemampuan alami yang ada pada Setiap orangtua. Namun bagi pasangan yang memiliki latar belakang lingkungan yang negatif ataupun rapuh berpeluang besar menerapkan pengalaman negatifnya dalam mendidik anak-anak mereka.
Riset ilmiah mengklasifikasikan kompetensi parenting yang dibutuhkan oleh orang tua adalah sebagai berikut :
  • Kemampuan membina hubungan baik antara orangtua dengan anak ; waktu, komunikasi positif dan kasih sayang
  • Memberikan dorongan atau motivasi terhadap sikap dan perilaku anak ; memberi pujuian, memberi perhatian (secara non verbal) dan memberikan fasilitas berkaitan dengan aktivitas anak
  • Kemampuan mengajar dan sikap : memberikan contoh teladan, pengajaran secara mendadak (incidental), tekhnik komunikasi dalam merangsang perkembangan logika
  • Memberikan peratutan berkenaan dengan sikap negative ; membuat peraturan batasan, diskusi langsung atau punishment and reward (penghargaan dan hukuman)
  • Antisipasi dan perencanaan; menyusun perencanaan dan Persiapan untuk mempersiapkan anak dalam menghadapi tantangan, pengawasan kegiatan anak yang sesuai dengan usianya dan perencanaan pengelolaan dana.
Pada intinya konsistensi merupakan standar utama parenting yang positif dan berbanding terbalik dengan sikap over protektif yang lebih berdampak negative pada tumbuh kembang anak.

Sumber :
Sanders, Matthew R. (2008). "Triple P-Positive Parenting Program as a public health approach to strengthening parenting". Journal of Family Psychology. 22 (4): 506–17.